Tips membeli RCA Hingga XLR Jack – Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia audio mulai dari rekaman, konser musik, live performance, dan lain sebagainya, tentu tak akan jauh dari hal-hal yang berhubungan dengan perkabelan. Bagi orang awam, kabel audio tetaplah kabel dengan ukuran, model, dan jenis yang dianggap sama seperti kabel listrik pada umumnya.

Padahal, jenis-jenis kabel yang beredar di pasaran tidak sedikit, kegunannya pun berbeda-beda sesuai dengan perangkat atau alat yang digunakan. Kabel audio yang kerap digunakan umumnya adalah RCA, BNC, TS, TRS, MIDI, USB, ADAT, FireWire, dan RCA. Namun agar tak salah dalam memilih kabel audio, simak 3 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli kabel tersebut.

 

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kabel XLR

1. Perhatikan Karakteristik Kabel

Setiap kabel rupanya memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada kabel yang menghasilkan karakteristik vokal baik namun detail suara kurang bagus, ada kabel yang menghasilkan karakteristik nada bass bagus namun memiliki kelemahan pada nada tinggi, ada pula kabel yang mampu menghasilkan respon musik cepat namun memiliki kelemahan pada nada rendanya, dan berbagai karakteristik kabel lainnya.

Untuk itu ada baiknya sebelum Anda memutuskan membeli kabel, gali informasi sebanyak mungkin mengenai bagaimana karakteristik kabel tersebut. Apakah karakteristik kabel tersebut telah sesuai dengan harapan Anda? Anda dapat mencari informasi melalui internet seperti Youtube, media sosial, dan lain sebagainya.

 

2. Pilih Tipe Konektor yang Tepat

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan sebelum memilih kabel adalah memperhatikan tipe konektor. Terlebih pada penggunaan kabel studio, beberapa konektor yang kerap digunakan adalah RCA, XLR, 1/4″, dan MIDI. Konektor-konektor tersebut sudah terbilang cukup untuk seluruh perangkat yang akan Anda gunakan. Contohnya seperti keyboard, gitar, mic, monitor, mixer, hingga direct box. Untuk kabel 1/4″ sistem audionya bisa balanced dan unbalanced. Sedangkan untuk kabel XLR jack sistem audionya adalah balanced.

 

3. Perhatikan Harmonisasi Kabel

Setelah Anda selesai melihat karakteristik kabel dan menentukan kabel jenis apa yang akan Anda gunakan, langkah selanjutnya adalah mendata secara rinci karakteristik kabel yang telah Anda pilih tersebut. Anda dapat membuat catatan mengenai spesifikasi kabel, misalnya saja mengenai bagaimana besaran input dan output kabel.

Setelah itu, dengarkan baik-baik karakter setiap komponen yang Anda miliki dengan memakai kabel seadanya yang ada di sekitar Anda. Jika sudah, langkah selanjutnya sama seperti sebelumnya yaitu membuat catatan informasi lengkap. Misalnya Anda akan memulai dari speaker, sebagai contoh bagaimana karakter dari speaker dengan menggunakan kabel XLR, dan lain sebagainya. Dengan catatan ini Anda akan mendapatkan hasil analisa karakter komponen, sehingga nantinya dapat Anda harmonisasikan dengan kabel yang sesuai.

Itulah 3 hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli kabel XLR jack, RCA, dan kabel audio lainnya. Sehingga nantinya Anda memiliki gambaran sebelum memutuskan untuk membeli kabel yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.