Menjadi salah satu pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar terbarukan, membuat solar panel atau panel surya mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Ditambah dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh perangkat tersebut. Namun agar cara kerja solar panel menjadi maksimal, beberapa hal berikut perlu diperhatikan sebelum pemasangan.

 

Pertimbangan Pemasangan Solar Panel

4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemasangan Solar Panel

  1. Pemilihan Lokasi Instalasi

Agar kinerja dari solar panel semakin moncer pada penerapannya, tentu sebelumnya anda harus menentukan lokasi instalasi yang pas. Dimana lokasi yang tepat ini harus mempertimbangkan arah kedatangan dari sinar matahari. Sebab jika panel surya dihalangi oleh pepohonan atau berbagai bangunan, maka akan sulit untuk menghasilkan listrik.

Mengingat bahwa sinar matahari yang menjadi energi untuk menghasilkan listrik, tidak bisa ditangkap dengan baik oleh sistem. Maka dari itu pilih lokasi yang mungkin untuk mendapatkan pancaran sinar matahari memadai. Selain itu, sudut kemiringan dari panel surya juga harus diperhatikan agar mampu menangkap lebih banyak sinar yang ada.

 

  1. Lokasi Rumah

Tidak hanya lokasi instalasi saja yang harus diperhatikan dengan baik. Namun lokasi rumah anda yang akan dipasangi sistem juga akan berpengaruh terhadap cara kerja solar panel tersebut. Sebab dengan mengetahui lokasi rumah, maka anda dapat mengetahui seberapa besar potensi daya radiasi matahari yang bisa untuk dimanfaatkan.

Sebagai contoh, rumah anda berada di daerah Kalimantan yang letaknya di atas garis khatulistiwa. Hal tersebut berarti potensi daya matahari yang dapat diterima maksimal yaitu sekitar 4,8 kWh per harinya dengan tingkat kemiringan panel yang menghadap ke arah selatan. Namun jika daerah anda berada di bawah garis khatulistiwa, maka kemiringan sebaiknya menghadap utara.

 

  1. Jenis Atap Rumah

Umumnya, panel surya lebih banyak diaplikasikan di atas rumah jika digunakan oleh masyarakat luas. Sebab lokasi ini akan memungkinkan panel untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang memadai. Maka dari itu, jenis atap rumah yang anda gunakan juga menjadi hal yang tidak boleh luput dari perhatian.

Pasalnya jenis atap rumah tersebut akan mempengaruhi pilihan jenis dan tipe struktur penyangga panel surya yang digunakan. Mengingat bahwa rumah orang Indonesia kebanyakan menggunakan genteng keramik, maka dudukan penyangga nantinya dapat dipasang antara sambungan genteng.

 

  1. Luas Ketersediaan Lahan dan Kapasitas Tampung

Luas ketersediaan lahan, dalam hal ini yang dimaksud adalah atap rumah, juga harus diperhatikan dengan baik. Luas lahan tersebut akan berpengaruh sebanyak apa panel surya bisa dipasang. Selain itu, besar daya yang bisa ditampung oleh panel surya juga tidak bisa diabaikan. Karena cara kerja solar panel tidak akan maksimal apabila kapasitas listrik anda lebih besar dari daya tampungnya.

Beberapa pertimbangan yang telah disebutkan di atas tidak boleh anda sepelekan ketika memutuskan untuk mengaplikasikan solar panel. Pasalnya, ini akan mempengaruhi cara kerja dan fungsi dari sistem yang bisa anda rasakan. Maka dari itu, anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Sun Energy yang menyediakan perangkat panel surya terbaik.