Sistem audio menjadi salah satu perangkat elektronik yang tidak pernah ketinggalan jika mengadakan suatu event. Oleh karena itu, penting bagi Anda merawat mixer audio kesayangan agar bekerja dengan optimal. Perawatan rutin menjadi kunci utama agar suara dan performa tetap terjaga. Untuk lebih lanjut, yuk intip tips dan trik yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

 

Tips dan Trik Untuk Merawat Sistem Audio Agar Tetap Bekerja Dengan Baik

4 Tips Dan Trik Merawat Mixer Audio Kesayangan Yang Wajib Diketahui

  1. Membersihkannya Secara Rutin

Seperti alat elektronik lainnya, sistem audio juga perlu dibersihkan. Sebab, jika debu dan kotoran dibiarkan begitu saja, maka akan rentan mengalami kerusakan. Meskipun terkesan sepele, faktanya debu dan kotoran yang masuk ke dalam sistem audio akan mengganggu performanya. Jika tetap dibiarkan, maka Anda perlu mengganti komponen di dalamnya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya jika Anda membersihkan sistem audio tersebut secara rutin. Jangan biarkan debu menumpuk terlalu lama pada perangkat elektronik yang Anda miliki. Pasalnya, butiran debu dan kotoran tersebut menjadi penyebab utama kerusakan sistem audio.

  1. Menyalakannya Secara Teratur

Acara atau Event tertentu yang menggunakan audio mixer memang tidak diadakan setiap hari. Dengan kata lain, alat elektronik tersebut tidak digunakan dan akan dikeluarkan pada saat dibutuhkan saja. Oleh karena itu, sang pemilik kerap kali mengabaikan jika mixer audio membutuhkan perawatan secara rutin.

Bagi Anda yang ingin merawatnya, maka bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Cukup nyalakan alat tersebut secara rutin, meskipun tidak digunakan sekalipun. Sebagai saran, luangkan waktu selama beberapa menit setiap satu minggu untuk memastikan kualitas audio. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui performa sistem audio yang sudah lama tidak digunakan.

  1. Menyimpan Pada Lokasi Yang Tepat

Tips selanjutnya yang wajib Anda tahu yaitu jangan pernah meletakkannya di sembarang tempat. Hal ini menjadi cara ampuh yang bisa Anda terapkan agar audio mixer tidak rusak karena kecerobohan pemiliknya. Disarankan, pilihlah tempat yang tidak memiliki suhu terlalu lembab. Sebab, kondisi tersebut dapat membuat tumbuhnya jamur pada alat elektronik Anda.

Pertumbuhan jamur pada perangkat elektronik tidak hanya menurunkan tampilannya saja, akan tetapi juga dapat mempengaruhi performa alat elektronik tersebut. Kemungkinan buruknya, mixer tidak bisa lagi berfungsi sebagai mana mestinya. Untuk mencegah kerugian tersebut, maka Anda harus menyimpannya di ruangan yang tepat dan tidak lembab.

  1. Menjaga Suhu Ruangan

Menjaga suhu ruangan juga perlu diperhatikan jika ingin mixer audio terjaga dengan aman. Suhu ruangan yang terlalu lembab atau kering akan mempengaruhi kinerja dari sebuah perangkat elektronik. Usahakan untuk memilih suhu ruangan yang pas yaitu tidak terlalu kering atau lembab. Dengan begitu, perangkat elektronik Anda bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Itulah beberapa tips yang bisa dipraktekkan agar menjaga kualitas audio mixer tetap terjaga. Jika Anda membutuhkan audio mixer yang lebih canggih, maka bisa memesannya di Goshen Swara Indonesia. Semua produknya memiliki kualitas jempolan dari merk ternama.