Apakah Anda sering mengonsumsi makanan seperti risoles? Tentu Anda sudah tak asing lagi dengan lapisan luarnya, bukan? Lapisan luar makanan yang berbentuk seperti remah-remah tersebut dinamakan sebagai tepung roti. Meskipun tepung jenis ini banyak dijual di toko maupun pasar, namun banyak juga yang lebih suka membuatnya sendiri di rumah karena proses pembuatannya pun cukup mudah. Dengan membuat sendiri, maka tepung itu pun lebih terjamin kualitasnya dan tentu masih fresh ketika digunakan. Nah, jika Anda memiliki roti yang sudah mendekati masa kadaluarsa alangkah lebih baik jika mengolahnya kembali menjadi tepung yang satu ini!

Langkah-langkah dalam membuat tepung roti homemade

Nah, sebelum proses pembuatan, Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu bahan utamanya, yaitu roti. Anda bisa memakai roti dengan merek apapun asalkan roti tersebut merupakan roti tawar yang masih layak untuk dikonsumsi meskipun sudah mendekati masa kadaluarsa. Usahakan juga untuk memilih roti yang warnanya putih sehingga tampilan tepungnya akan lebih bagus. Langkah selanjutnya, siapkan wajan yang akan dipakai dengan memanaskannya di atas nyala api tanpa diberi apapun. Jika Anda sebelumnya mencuci wajan tersebut, maka panaskan hingga benar-benar kering. Hindari penggunaan lap untuk membersihkan wajan untuk menjaga kesterilannya.

Agar roti nantinya mudah dihancurkan, potonglah menjadi bagian-bagian kecil terlebih dahulu. Jika sudah, masukkan potongan roti ke dalam wajan dan sangrai selama beberapa saat. Gunakanlah api kecil agar tidak mudah gosong sebab jika sudah gosong maka tepung roti yang terbentuk biasanya akan berwarna kecoklatan maupun kehitaman. Selain itu, rasanya pun nanti akan sedikit pahit. Sangrai potongan-potongan roti dengan cara membolak-baliknya hingga kering sempurna. Nah, jika potongan-potongan roti sudah terlihat kering, matikan api, namun proses pengadukn roti masih harus terus dilakukan hingga suhunya turun. Dengan begitu tepung yang dihasilkan nanti akan memiliki tekstur yang krispi.

Setelah proses sangrai selesai, maka selanjutnya adalah proses penghalusan. Biarkan roti tersebut benar-benar dingin terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan blender atau food processor untuk menghaluskan potongan roti tersebut. Giling potongan roti dengan menggunakan salah satu dari alat tersebut sampai mendapatkan tekstur tepung yang halus. Setelah proses penggilingan selesai, Anda bisa langsung menggunakan tepung tersebut. Nah, jika tepung roti yang Anda buat masih tersisa, simpan ke dalam wadah kering yang kedap udara dan lebih baik lagi jika dimasukkan ke dalam lemari es. Dengan begitu kualitas tepung tetap akan terjaga kualitasnya. Anda pun tak perlu membuat tepung lagi di lain waktu ketika membutuhkan. Hal ini karena tepung yang disimpan dengan benar bisa bertahan cukup lama sehingga masih bisa digunakan di lain waktu untuk melapisi makanan tertentu yang Anda buat.

Baca juga : 5 Tips dan Trik Resep Roti Empuk Tahan Lama