Prosedur ekokardiografi umumnya direkomendasikan langsung oleh dokter usai mendengar keluhan yang diderita oleh pasiennya. Sebab dalam keluhan tersebut, dokter bisa mengetahui bahwa ada kelainan atau kerusakan pada jantung Anda sehingga dibutuhkan pemeriksaan lebih mendalam untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Berikut persiapan melakukan USG jantung.

Persiapan Sebelum Melakukan USG Jantung

USG jantung umumnya dilakukan di sebuah rumah sakit yang memiliki kelengkapan alat medis untuk menangani penyakit dalam satu ini. Namun secara keseluruhan, tidak ada persiapan khusus sebelum menjalani tes pemeriksaan satu ini. Bahkan para pasien yang hendak melakukan pemeriksaan ini pun tidak perlu mempersiapkan apapun.

Para pasien tidak diminta berpuasa atau tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat obatan sebelumnya bak melakukan serangkaian tes lainnya. Meski tidak ada pantangan apapun, para pasien hanya diminta melakukan konsultasi dan pemeriksaan rutin kepada dokter spesialis jantung sebelum melakukan rontgen.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Jantung Anak 

Namun kebebasan mengkonsumsi makanan atau obat obatan tidak berlaku untuk pasien yang hendak menjalani pemeriksaan ekokardiografi transesofagus dan echocardiogram stress. Pasien yang hendak melakukan pemeriksaan echocardiogram transesofagus diminta berpuasa selama 8 jam lamanya sebelum melakukan pemeriksaan.

Sedangkan pasien yang hendak melakukan pemeriksaan echocardiogram stress harus mengkonsumsi makanan berat setidaknya 4 jam sebelum pemeriksaan dimulai. Selain itu, pasien diminta mengenakan pakaian dan celana yang nyaman, karena selama pemeriksaan mereka harus berolahraga ringan seperti berjalan di treadmill.

Anda tidak perlu khawatir merasakan sakit selama pemeriksaan dimulai. Pasalnya pemeriksaan ini hanya bertujuan untuk mengetahui kondisi jantung Anda. Bahkan prosesnya sendiri hanya berlangsung selama 15 hingga 30 menit saja. Selama itu pula, dokter sudah bisa mendiagnosa jenis penyakit jantung yang diderita pasiennya.

Prosedur Melakukan USG Jantung

Sebelum memulai pemeriksaan, pasien diminta membuka pakaian mulai dari dada hingga ke pinggang lalu berbaring di kasur yang telah disediakan. Selanjutnya dokter akan meletakkan probe pada bagian dada yang sudah dioleskan gel terlebih dahulu. Pemberian gel pada dada bertujuan untuk memudahkan alat probe menempel sempurna pada kulit.

Daya tempelnya yang bagus, secara otomatis berimbas pada kualitas dan dimensi gambar yang mampu dihasilkannya. Selanjutnya dokter menggerakkan probe pada bagian dada Anda demi mendapatkan gambar yang diperlukan, sekaligus memberikan nilai fungsi dan struktur jantung pada pasiennya dengan sempurna.

Umumnya proses pemeriksaan ini berlangsung selama 15 hingga 30 menit saja. Namun waktu pemeriksaan akan bertambah apabila dokter masih belum mendapatkan informasi cukup terkait dengan fungsi dan struktur jantung pasiennya. Bahkan ada kemungkinan setiap pasien melakukan prosedur berbeda tergantung dari jenis ekokardiografi yang dibutuhkan.

Menurut pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa pemeriksaan USG jantung tidak memerlukan persiapan apapun terkecuali untuk echocardiogram stress dan transesofagus echocardiogram. Setelahnya Anda harus mengikuti semua prosedur yang ditentukan selama proses pemeriksaan untuk mendapatkan hasil lebih akurat.

Salah satu dokter jantung yang ahli di bidang ekokardiografi adalah dr Ario Soeryo Kuncoro yang kini berpraktek di Heartology. Buat janji konsultasi dengan dr Ario di website Heartology : https://heartology.id/