Kesehatan jantung anak menjadi salah satu poin yang penting untuk diperhatikan. Baik untuk mereka yang sehat maupun yang menderita penyakit jantung bawaan. Orang tua penderita jantung bawaan harus sangat cermat dan ekstra dalam menjaga kesehatannya. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan si kecil yang memiliki jantung bawaan.

Tips Menjaga Kesehatan Anak Penderita Jantung Bawaan

  1. Memastikan Nutrisi Tercukupi

Anak anak dengan penyakit kardiovaskular bawaan umumnya memiliki berat badan di bawah angka umumnya. Penyebabnya, karena nafsu makan yang rendah sehingga akan mempengaruhi kesehatannya. Kurangnya asupan nutrisi akan membuat si kecil menjadi lebih sering sakit dan kelelahan. Untuk itu, orang tua wajib menerapkan pola makan yang sehat.

Bagi yang usianya 1 sampai 2 tahun, anda tetap harus memberinya ASI yang telah disesuaikan anjuran dokter. ASI setidaknya diberikan sebanyak 8 sampai 12 hari apabila kondisi bayi sehat. Anak dalam kondisi ini juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak, gula maupun garam. Sebaiknya si kecil juga tak mengkonsumsi makanan olahan.

Baca Juga : Mempelajari Prosedur Ekokardiografi Jantung

  1. Mengikuti Pengobatan Yang Disarankan

Selain menjaga agar tubuhnya ternutrisi, anda juga harus mematuhi pengobatan yang telah disarankan oleh ahlinya. Pengobatan tak hanya untuk pengobatan, tetapi juga mencegah adanya komplikasi yang fatal. Perawatan untuk menjaga kesehatan jantung anak bisa meliputi obat obatan, kateterisasi sampai transplantasi. Orang tua harus membawa si kecil rutin untuk pengobatan.

  1. Mengajak Anak Untuk Aktif Bergerak

Memiliki jantung bawaan bukan berarti tidak bisa melakukan olahraga. Justru harus tetap olahraga dan aktif bergerak untuk memperkuat otot juga membuat tubuh tetap sehat. Hasa saja, olahraga yang dipilih perlu untuk diperhatikan. Terdapat olahraga khusus untuk penderita penyakit jantung dan usahakan untuk tidak sampai kelelahan bahkan sesak napas.

  1. Pastikan Jika Tidurnya Cukup

Selanjutnya, anda juga harus memperhatikan jam tidur si kecil cukup. Tidur yang cukup adalah langkah yang tepat untuk menjaga agar tetap sehat secara menyeluruh. Karena ketika tidur, tubuh akan diberikan waktu untuk istirahat sehingga besok bisa kembali bekerja. Bila ada gangguan tidur, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

  1. Menjaga Kebersihan Gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga langkah menjaga kesehatan jantung anak. Sebab, jika gigi berlubang, maka bisa menyebabkan infeksi dan menyebarkan bakteri. Dimana bakteri bisa menyebabkan penyakit endokarditis yang bisa merusak katup jantung. Untuk itu, si kecil harus rajin menggosok gigi dan rutin kontrol setidaknya 6 bulan sekali.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar anak tetap sehat walaupun memiliki penyakit jantung bawaan. Cara lainnya yang juga bisa diperhatikan adalah memberikan vaksinasi, menjaga agar tidak stres hingga membantu si kecil memahami kondisi jantungnya. Dengan begitu, anda bisa tetap menjaga si kecil fit dan kesehatannya stabil.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter jantung yang memiliki sub spesialisasi di bidang intervensi kardiologi pediatrik, salah satunya yaitu dr Radityo Prakoso yang kini berpraktek di Heartology. Beliau merupakan dokter jantung di bidang penyakit jantung anak dan penyakit jantung bawaan.

Buat janji dengan dr Radityo Prakoso disini.