Mengulik Cara Mengusir Tikus Dari Plafon Rumah dengan Cepat

Anda mungkin beberapa kali mendengar suara berisik dari plafon atau atap rumah anda di malam hari. Suara tersebut bisa menjadi kemungkinan adanya tikus yang telah bersarang di dalam rumah anda. Hal ini tentu akan membuat istirahat anda tidak nyaman, terlebih kehadiran dari tikus bisa memberikan banyak kerugian. Oleh karena itu, diperlukan cara menangkap tikus di rumah dengan produk perangkap tikus cap gajah sebagai solusinya.

Ribuan Tikus Serang Australia, Warga Kewalahan Bersihkan Kotorannya Halaman  all - Kompas.com

Tanda Ada Tikus di Plafon

Suara berisik yang terdengar di atap atau plafon merupakan sebuah tanda kecil dari adanya keberadaan hewan pengerat di rumah anda. Selain suara berisik, ada beberapa tanda lain yang perlu anda ketahui untuk mengindikasikan apakah tikus memang masuk ke dalam rumah atau tidak. Berbagai tanda ini perlu anda perhatikan sebelum proses pengusiran dilakukan. Dimana tanda utama yang paling terlihat yaitu terdapat kotoran berwarna hitam mengkilap.

Kotoran tersebut merupakan feses dari tikus dan biasanya berjumlah cukup banyak. Selain kotoran ada juga noda serta bau kencing yang cukup menyengat yang bisa anda sinyalir sebagai tanda dari keberadaan tikus. Hewan pengerat tersebut juga umumnya akan meninggalkan beberapa bekas gigitan yang cukup banyak di sejumlah properti. Seperti kabel, benda benda yang terbuat dari kayu dan lain sebagainya.

Bila anda menemukan hal tersebut pada beberapa titik, besar kemungkinan area itu merupakan sarang dari tikus. Ikuti jalur gigitannya, karena biasanya itu merupakan lintasan yang digunakan tikus untuk mencari makanan. Jika anda sudah menemukan sarang tikus, maka anda bisa menggunakan cara menangkap tikus di rumah dengan perangkap tikus cap gajah.

 

Mengusir Tikus dari Plafon Rumah

Setelah anda menemukan sarang tikus, segera lakukan pembersihan menyeluruh pada plafon rumah. Sanitasi yang baik tentunya bisa membuat tikus tidak cukup betah tinggal di rumah anda, dan membuat tikus yang lain tidak mengincar untuk masuk ke dalam rumah. Mengingat bahwa habitat dari hewan pengerat satu ini biasanya berada di selokan atau daerah daerah yang cukup kotor, serta memiliki aroma tidak sedap.

Dengan melakukan pemeliharaan area rumah dan sekitarnya menjadi bersih dan wangi, maka potensi untuk tikus masuk ke dalam rumah pun akan berkurang. Anda juga sebaiknya perhatikan area tempat anda menyimpan makanan. Pastikan bahwa makanan sudah ditutup dengan rapat, dan tidak berceceran. Karena tikus memiliki penciuman yang sangat tajam, dimana mereka mampu mengetahui tempat anda menyimpan makanan bila tidak ditutup rapat.

Cara menangkap tikus di rumah bisa anda lakukan dengan menempatkan perangkap tikus pada jalur mereka mencari makanan. Setelah berhasil menangkapnya, anda bisa membuangnya dengan sangat jauh dari area hunian. Kemudian bersihkan tangan dan diri anda segera setelah membuang tikus tersebut. Hal ini juga penting dilakukan, agar kuman dan bakteri tidak ikut terbawa di tangan.

Cara menangkap tikus yang efektif bisa anda lakukan dengan menggunakan perangkap tikus cap gajah, baik yang berupa lem tikus atau penjepit mekanis. Cara ini merupakan langkah yang paling ampuh agar rumah anda terbebas dari hewan pengerat tersebut. Sebaiknya anda tidak menggunakan racun tikus, karena anda tidak akan tahu dimana hewan itu akan mati dan membusuk.

By sari

Tinggalkan Balasan