sabun cuci tangan

Mencuci tangan menjadi salah satu protokol kesehatan di masa pandemi ini. Caranya sangat mudah, cukup dilakukan di air yang mengalir dan disarankan agar menggunakan sabun khusus untuk mencuci tangan. Penggunaan sabun dapat membunuh kuman dan bakteri berbahaya yang masih tertinggal di tangan.

Meskipun sering digunakan, sabun khusus tangan harusnya aman dan tidak menimbulkan efek samping. Namun, Anda disarankan agar tetap berhati-hati dan teliti sebelum membeli. Nah, lalu bagaimana cara mengetahui keamanan dari sabun yang akan digunakan? berikut kami jelaskan tips memilih sabun cuci tangan di bawah ini.

Tidak Mengandung Paraben

Paraben adalah bahan pengawet yang banyak ditemukan di produk pembersih seperti sabun. Paraben memang tidak selalu menimbulkan iritasi pada kulit. Selama dosisnya benar, maka seharusnya aman untuk dipakai. Hanya saja, beberapa jenis kulit mungkin kurang bersahabat dengan bahan paraben. Sehingga, ada baiknya agar Anda menghindari produk pembersih yang mengandung bahan ini. Cobalah untuk melihat komposisi pada kemasan, dan pastikan sabun yang Anda pilih tidak mengandung bahan paraben.

Baca Juga : Pertimbangan Sebelum Membeli Sabun Cuci Tangan

Bahan yang Lembut di Kulit

Sabun cuci tangan yang aman biasanya dapat memberikan kelembutan saat dipakai. Beberapa jenis sabun dapat membuat tangan menjadi kasar dan terasa kering. Hal ini disebabkan karena penggunaan bahan-bahan kimia yang tidak cocok dengan jenis kulit Anda. Maka dari itu, sebaiknya hindari sabun yang terlalu banyak menggunakan bagan kimia. Sebaliknya, pilihlah sabun yang menggunakan bahan dari ekstrak alami sebab akan lebih ramah dan memberikan kelembutan di tangan.

Lembut atau tidaknya sabun bisa juga ditentukan dari banyaknya busa yang dihasilkan. Busa mampu memberikan kelembutan di tangan sehingga membuat Anda pun bisa mencuci tangan dengan nyaman. Oleh karenanya, pilihlah sabun yang bisa menghasilkan busa lebih banyak.

Mengandung Antibakteri

Fungsi utama sabun adalah membasmi segala jenis kuman dan bakteri di permukaan kulit. Karena itu, sabun yang aman adalah yang memiliki kandungan antibakteri. Kandungan antibakteri terbukti ampuh membersihkan permukaan kulit dari ancaman bakteri berbahaya. Jadi, demi menjaga kesehatan Anda maka pastikan kalau sabun pilihan sudah dilengkapi dengan bahan antibakteri.

Perhatikan Izin Edar

Aman tidaknya suatu produk dapat dilihat dari izin edar yang dimilikinya. Jika sabun yang akan dipilih sudah memiliki izin edar resmi, maka seharusnya sangat aman untuk digunakan. Nah, bagaimana cara untuk melihat izin edar dari suatu produk? Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memeriksa bagian kemasan produk, atau menanyakannya langsung kepada penjual. Jika sudah tercantum nomor resmi dari KEMENKES, artinya produk tersebut sudah melalui tahapan uji dan aman untuk digunakan.

Antibacterial Hand Soap dari Olaif

Salah satu produk sabun cuci tangan yang aman adalah Antibacterial Hand Soap Olaif. Sabun ini sudah memiliki izin resmi dari KEMENKES sehingga aman digunakan sehari-hari. Komposisinya pun tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, dan sudah dilengkapi dengan antibakteri yang ampuh membasmi bakteri. Saat dipakai, sabun terasa lembut di tangan karena diperkaya dengan ekstrak aloe vera. Bahan ini dapat memberikan kelembutan serta menjaga kelembapan tangan Anda.

Cek juga berbagai produk kebersihan dan kesehatan lainnya selain sabun cuci tangan di aplikasi Olaif dengan harga terjangkau dan berkualitas. Download aplikasinya di Google Play store atau Apple App Store sekarang !

By sari

Leave a Reply