asuransi mobil all risk

Masuk akal jika orang lebih banyak memilih asuransi mobil all risk dibanding jenis asuransi kendaraan lainnya. Meskipun premi lebih mahal namun bentuk perlindungan yang konon mencakup semua risiko menjadi daya pikat sehingga orang memilihnya tanpa pikir panjang.

Pertanyaanya, apakah benar asuransi mobil all risk menjamin semua risiko? Jawabannya belum tentu. Maka dari itu sebagai konsumen kita harus teliti membaca yang tertulis di polis terkait apa saja yang masuk dan tidak masuk perlindungan dari asuransi tersebut.

Pada umumnya tidak semua asuransi kendaraan all risk meng-cover bagian-bagian tertentu mobil, misalnya aksesoris. Memang ada sebagian perusahaan yang memasukkan aksesoris sebagai komponen yang terlindungi namun biasanya ada kesepakatan sebelumnya dengan customer. Kemungkinan juga ada premi tambahan karena masuk perluasan perlindungan.

Selain itu asuransi all risk tidak menambah nilai jual apabila pihak tertanggung menjual mobilnya. Banyak pendapat salah kaprah bahwa asuransi tetap berjalan meskipun mobil sudah dijual. Harus dipahami bahwa asuransi mobil tidak bisa dipindahtangankan. Jika mobil dijual atau berbeda kepemilikan otomatis asuransi akan hangus.

Asuransi mobil all risk juga tidak bisa diklaim ganda (double claim) serta koordinasi manfaat dengan jenis asuransi lain (coordination of benefit). Dengan demikian tidak ada gunanya mempunyai asuransi mobil all risk lebih dari satu. Justru pihak tertanggung akan rugi.

Perusahaan asuransi kendaraan bermotor umumnya memiliki pertimbangan khusus terkait nilai/harga baik untuk asuransi mobil baru maupun mobil bekas. Pada prinsipnya nilai premi yang wajib dibayarkan tidak jauh beda (tergantung dari nilai mobil itu sendiri).

Yang terakhir, perusahaan asuransi tidak memberikan asuransi perlindungan pada pihak ketiga. Terkecuali jika kita membeli perluasan perlindungan yang nantinya juga tertera dalam polis. Karena tidak ada perlindungan untuk pihak ketiga, jika sewaktu-waktu terjadi tabrakan maka pihak perusahaan asuransi hanya memberi perlindungan pada kita sebagai pihak tertanggung (pemegang polis).

Jika Anda mencari asuransi mobil all risk terbaik carilah asuransi yang mampu memberi informasi secara detail terkait risiko apa saja yang dilindungi dan tidak dilindungi. JAGAIN.COM adalah broker asuransi terpercaya dimana Anda bisa membeli semua produk asuransi disini. Kami siap memberi layanan terbaik dan jaminan perlindungan maksimal apapun jenis asuransi yang Anda pilih.

By sari

Leave a Reply