Rentan Penyakit, Berikut 3 Cara Merawat Bayi Prematur Agar Tak Mudah SakitHispanic baby in intensive care unit

Daya Tahan tubuh yang tidak optimal membuat bayi prematur mudah terserang penyakit. Lantas sudah menjadi tanggung jawab kedua orangtuanya untuk membuat anak tetap sehat. Sebenarnya apa yang bisa dilakukan oleh ibu sebagai salah satu cara merawat bayi prematur agar tidak mudah terserang penyakit? Simak selengkapnya sebagai berikut.

Cara Membuat Bayi Tidak Mudah Terserang Penyakit

  1. Jauhkan Bayi Anda dari Orang Sakit

Daya tahan tubuh yang masih rentan membuat bayi mudah tertular berbagai penyakit dari orang yang ada di sekitarnya. Salah satu penyakit yang dapat dengan mudah menyebar dan membuat bayi tertular adalah flu dan batuk. Memang pada orang dewasa penyakit ini mudah untuk ditangani, namun pada bayi terutama yang hadir dalam kondisi prematur akan lebih berbahaya.

Jika suatu hari banyak keluarga yang datang berkunjung untuk menengok bayi, anda harus pastikan bahwa orang orang yang datang tidak sedang terinfeksi sebuah penyakit yang berpotensi menular. Ditakutkan sentuhan tangan orang luar bisa menjadi sumber penyakit yang  bisa membuat bayi tertular. Biasakan juga orang yang datang harus mencuci tangan sebelum memegang bayi. 

  1. Berikan Nutrisi yang Cukup dengan ASI atau Susu Formula

Memberikan nutrisi yang cukup merupakan salah satu cara merawat bayi prematur agar tidak mudah terserang penyakit. Bayi prematur memerlukan asupan nutrisi yang cukup terutama dadi ASI karena ASI didalamnya terkandung zat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Bahkan bagi bayi prematur, ibu dianjurkan untuk menyusui bayi minimal 8-10 kali sehari.

Lantas bagaimana dengan ibu yang produksi ASI nya tidak lancar? Anda bisa konsultasikan pada dokter. Untuk menyikapi hal tersebut, anda biasanya akan dianjurkan untuk memberikan bayi susu formula dan merek susu formula yang anda pilih juga harus sesuai dengan kebutuhan si kecil. Susu formula yang anda pilih harus terlebih dahulu atas seizin dokter.

Walaupun anda telah memberikan susu formula,  bukan berarti anda bisa tidak memberikan ASI pada bayi. ASI masih menjadi sumber nutrisi utama dan peran susu formula hanya untuk menjadi makanan pendamping. Kalori yang terkandung dalam susu formula biasanya lebih banyak sehingga bisa menjadi sumber energy bagi anak.

  1. Lakukan Imunisasi Sesuai Jadwal yang Telah Dianjurkan Oleh Dokter

Bagi bayi prematur, penyakit sepele bisa menjadi hal yang serius sehingga anda para ibu diwajibkan untuk mengikuti setiap imunisasi sesuai dengan anjuran yang telah diberikan oleh dokter. Cara ini menjadi salah satu jalan ampuh sebagai salah satu cara merawat bayi prematur agar tidak mudah terserang penyakit. Anda juga diharuskan untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter. 

Ikuti 3 tips yang telah disebutkan sebelumnya agar kesehatan bayi anda tetap terjaga. Buka pula website Mitu Baby Care karena di dalamnya tersedia berbagai informasi yang bisa membantu anda merawat bayi baru lahir. Segala pertanyaan terkait dengan cara merawat bayi yang baru lahir bisa anda temukan disana.

Baca Juga: Menguak Sejumlah Kandungan Sabun Bayi Yang Berbahaya Untuk Si Buah Hati

By sari

Tinggalkan Balasan