Di zaman yang semakin modern seperti sekarang, bukan hal yang mustahil untuk membuat studio rekaman sendiri di rumah atau home recording studio. Apalagi saat ini banyak platform berbagai video seperti YouTube dan lain sebagainya, untuk menunjukkan hasil rekaman anda. Lantas bagaimana mengatur paket recording studio ini ? Simak pada ulasan berikut.

Membuat Home Recording Sendiri

  1. Komputer Studio Rumah

Saat memutuskan untuk membuat home recording studio sendiri, maka anda membutuhkan komputer atau laptop yang memadai. Kehadiran perangkat ini sangat penting, apalagi jika anda akan memproduksi musik elektronik. Untuk spesifikasinya mungkin tidak ada yang begitu khusus, namun sebaiknya gunakan perangkat dengan kapasitas besar.

Pasalnya besar kapasitas akan menunjang kinerja proses rekaman anda ke depannya. Lalu jika ingin mobilitas yang lebih tinggi, maka di sini anda sebaiknya memilih laptop dibandingkan komputer. Namun anda perlu menyiapkan budget lebih jika menginginkan laptop berkualitas dengan penyimpanan besar.

  1. Audio Interface

Audio interface atau antarmuka audio bisa dibilang sebagai jantung dari sebuah studio rekaman. Pasalnya melalui perangkat ini anda dapat mengelola hasil rekaman yang ada di komputer, dengan menghubungkan microphone, speaker, dan juga headphone. Nantinya sinyal akan dikonversi menjadi satu dan nol, jadi komputer bisa memanfaatkannya.

Jika mencari perangkat ini di pasaran, anda akan menemukan fitur yang bervariasi. Dimana beberapa paket recording studio ini mempunyai kenop guna menyesuaikan volume pada speaker dengan mikrofon. Dan beberapa yang lain bisa mencapai ini via kontrol perangkat lunak. Maka dari itu, pastikan anda memilih audio interface yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan.

  1. Microphone

Apabila audio interface adalah jantung home recording, maka microphone bisa berperan sebagai telinga karena mampu mengubah suara anda menjadi listrik yang nantinya dikirim oleh antarmuka audio. Dalam sebuah studio rekaman rumahan, jumlah mikrofon memang bisa saja lebih dari satu sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Namun jika anda memang harus memiliki satu buah mikrofon saja, maka terdapat beberapa yang penting untuk diperhatikan. Sebaiknya pilih mic dengan diafragma besar, cardioid, dan kondensor. Karena spesifikasi ini akan membantu anda untuk menangkap suara yang dihasilkan dengan optimal, bahkan pada frekuensi rendah.

  1. Monitor Studio dan Headphone

Monitor studio merupakan speaker yang akan anda butuhkan untuk memutar serta mencampur rekaman. Ini berbeda dengan speaker biasa, karena apa yang anda dengar melalui monitor studio merupakan hal sebenarnya yang terjadi pada musik anda. Jadi pastikan anda sudah memilih monitor studio yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Sementara headphone akan berguna pada saat overdubbing, pencampuran, serta mengurangi risiko dari suara yang dihasilkan agar tidak mengganggu tetangga sekitar rumah anda. Bahkan keberadaan handphone ini bisa menggantikan fungsi dari monitor studio untuk sementara. Sehingga paket recording studio anda bisa lebih hemat budget.

Selain keempat hal di atas, mengatur home recording studio sendiri juga membutuhkan software recording, aplikasi audio mixer, hingga perangkat audio mixer itu sendiri. Sehingga audio rekaman yang dihasilkan lebih sempurna. Berbagai peralatan tersebut bisa anda temukan dengan mudah di Goshen Swara Indonesia. Di Goshen, home recording studio impian anda bisa terwujud.

By sari

Leave a Reply